The Journey to Mount Guntur

30 Desember 2014.
Petang kala itu
"Magheee besok jadi ikut ga ke Guntur?"
"Haah serius? Iya hayuu. Aku bareng siapa emang?"
"Yona mau ikut cenah. Sok hubungin Yona nya. Temennya A Rendra naik bis jadinya"
 "Heemm okee siaap"
Langsung hubungi Yona. Langsung cari barang pinjeman.
Emang udah jadi rutinitas mau pergi kemana-mana sok ngedadak. Lena dan Leni, si kembar yang doyan jalan-jalan, kayak aku.
Pernah juga di hari minggu pagi-pagi jam 7.30, baru melek pisan ada telpon ngajakin ke Jayagiri. Mandi? HAH jangan ditanya. Yo pasti jawabannya engga. Cuci muka aja udah sukur ahaha.

🙉🙉🙉

31 Desember 2014.
Keberangkatan dimulai dari setiabudi. Gue bareng Yona. Cintia bareng A Rendra.
Menuju Garut, ketika dalam perjalanan, insiden kecil terjadi. Motor Yona terjatuh, untunglah tidak sampai luka parah. Lanjuut. Akhirnya bertemu dengan si kembar.
Sore menjelang magrib, sampailah kita di pom bensin dekat gerbang awal menuju desa yang akan menjadi jalan ke Guntur, sembari mengistirahatkan diri, beberes dan solat.

*Tinuninut tinuninut* weiss nyokap nelpon.
"Halo, Len...blablabla..."
"...blablabla..."
"ini kamu lagi dimana?"
"di Garut mah"
"ngapaiiinn?"
"mau naik gunung?
"naik gunung? Lagi hujan gini. Yaudah hati-hati. Dijaga badannya"
"iya. oke maa"
Insting nyokap gue kuat emang kalo anaknya lagi jelajah-jelajahan. Seperti biasaa, bilang kalo udah nyampe tujuan. The one of all tips and trick -when you wanna take a trip and get fastest answer 'yes'- ga baik sih emang ahahaha.
Tapi keburu nyokap nelpon. Gpp sama aja deh, intinya juga minta doa, ijin, dan restu.

Lanjut jalan menuju rumah kepala warga sekalian menitipkan motor. Bertemu dengan 2 orang abang yang bertanya ketika di pom bensin tadi. Melakukan perjalanan di malam hari bersama. Gunung yang penuh dengan pasir dan kerikil. Menuju pos 1. Dengan penerangan saayana weh, karena beberapa dari kita tidak membawa senter, termasuk aku. Packing dadakan. Alasan. tapi da bener.
Wah lumayan juga nih perjalanan. Setelah melewati pasir dan kerikil, kurasa kita melewati bekas aliran kali atau sungai, Karena kita kayak climbing gitu di batu kali.

😓😓😓

Dingin. Keringat banyak. Tas yang seperti kulkas. Salah satu abang dari jakarte bertanya
"Ini tas gede banget. isinya apa aja?"
"Iya ya gede. Ini tas jaman dulu soalnya. Isi ma cuma SB, baju, makanan, minum" kataku
"Tenda?"
"Tenda didepan bang" (maksudnya ada tas temen yang didepan)
*coba diangkat* "Wih ini ma berat. gaada isinya juga udah berat duluan ini tas"
"Iya bang bener. Bt yah. Itu tas abang isinya apa aja? Ko bisa kecil gitu?"
"Lumayan masuk semua sih. Tenda, SB, trangiang, jaket"
"Wuaahhh asik amaatt bisa kecil gituu"
Seketika iri dan ingin memiliki tas yang abang pake.
Meskipun ngosngosan, cape, dan 5L tapi tetep semangat lanjutin perjalanan.
Oke sampailah kita di pos 1. Mulai mendirikan tenda. Ganti baju. Pipis. Masak. Makan sambil liat langit yang dipenuhi kembang api. Yap! Kembang api, kan lagi malem tahun baru. Langit dibawah gunung sepertinya mendung atau hujan gitu ya. Selesai. Lanjut tidur.
Pagi hari kita dibangunin untuk liat sunrise. Wah keren banget ieu mah. Asli
Oke masak lagi sambil beberes. Makan. Coba naik ke puncak.
Heemmm kita ga yakin bakal nyampe ke puncak 1, karena ngeliat tracknya yang pasir dan kerikil serta sudut kemiringan sekitar 70°-80°.
Kalo ga coba bukan kita banget deh rasanya. Kita udah jauh-jauh kesana tapi ga ngelanjut? Sayang bangeett. Akhirnya kita berlima (aku, na, ni, cintia, yona) jalan menuju puncak 1 tanpa membawa peralatan apapun. Hanya bermodalkan tas kecil dan beberapa botol minum. Sisanya stay untuk menjaga barang di tenda.
Di tengah perjalanan Yona memutuskan untuk kembali ke bawah. Karena merasa tidak enak pada bagian bekas lukanya.
Kita tetap meneruskan perjalanan ke atas, empat orang.
Lama kita berjalan ternyata ada yang menyusul kita dari bawah, a rendra dan a zuhri. Iyaps mereka cepat, udah biasa naik gunung, sebagai pemandu jugaa. Hebat banget ya bisa nyusul dan tau posisi kita.
"Kalian itu jalannya miring, makanya lama... Iya itukan warna tasnya keliatan dari bawah juga"
Okee sekarang kita nambah personil untuk naik ke atas. Yeeaaayyyy. Ada guide yang menuntun kita ke jalan yang benar ahahaha. Karena Yona balik ke tenda, gantian dia deh yang jaga disana.

Udah gue ceritain sebelumnya tentang track menuju puncak 1. Jika kita salah langkah kita akam mundur lumayan banyak. Jadi gini, misalnya lo maju selangkah, kalo salah ambil atau pijakan, lo bakalan mundur 2-3 langkah yang lo ambil. Belum lagi kerikil atau bahkan batu yang jatuh. Pengalaman menuju puncak 1 amazing banget. Bener-bener ngerasain mukjizat di track ini.

Jadi barisan paling akhir itu gue, depan gue ada Ni. Jalan selalu nunduk, soalnya kalo liat kedepan itu ga enak banget karna sudut kemiringan yang lumayan ekstrim, pun pemandangan yang terlihat hanya kerikil, it made me confused. Di barisan depan ada yang teriak. Namun tidak terlalu terdengar sampai belakang. Pas gue lihat depan ternyata ada batu besar ngegelinding paaass banget di jalur samping kiri kita. Coba bayangkan kalo batu tersebut ada dijalur kita. Anak-anak yang didepan, mereka dalam posisi balik badan memerhatikan kita. Sedikit aneh pas liat ekspresi mereka, but i didn't ask anything and keep on my own way.

Yeeaahhhhh akhirnya kita nyampe di puncak pertama. Seluruh kota Garut terlihaat. Ga nyangka banget kita bisa nyampe diatas. Jalan keatas yang udah miring-miring, ga nemu-nemuin puncaknya, jalan selangkah turun lagi dua langkah. Hoaahhh perjuangan. Daann mereka masih belum cerita apapun. Tapi ada yang mereka tawarkan
"Lanjut puncak kedua ga nih?"
"HAYUUUUUU!!"
Track ke puncak dua ini ga seterjal menuju puncal pertama, Karna puncaknya landai namun panjang. Dan di perjalanan kedua inilah A Rendra bilang
"Kalo tadi batunya ga belok, gatu deh bisa balik lagi ke UPI atau engga kita"
Mikir keras. What the meaning...
"Maksudnya A?"
"Jadi awalnya batu itu ada di jalur kamu ama Ni. Nah makanya kita teriak, tapi kalian ga denger kayaknya. Untunglah batunya belok, coba kalo tetep dijalur itu, gatau deh gimana jadinya"
Heemmm mengingat kejadian itu, padahal pas gue nengok kedepan, batunya memang sedang belok kearah kiri dan ga ngegiling dijalur jalan gue. Waahh Masha Allah, ada perlindungan dari Allah rupanya, Tapi gue mengimajinasikan proteksi dari mama. Sebelum kita naik, nyokap nelpon gue dulu, ah sudahlah insting seorang ibu memang dahsyat.
Aku cerita ke eni, ternyata dia udah tau daan emang awalnya batu itu ada dijalur kita baru berbelok.
Kenapa dia ga manggil, ga ngasih peringatan, kenapa ga cerita juga. Aaahhh cuma gue doang yang gatau tragedi itu. Tapi tetep bersyukur juga sih ada peristiwa itu, aku jadi lebih meyakini adanya mukjizat dan pertolongan Yang Maha Kuasa. Edaannss berat kieu bahasa aeng ahahh.

Dipuncak kedua lebih dingin dari yang pertama dan unik banget suasananya. Di tanahnya ada banyak kawah kecil yang mengelurkan asap. Ketika kita masuk ke kawah tersebut kita akan merasakan kehangatan. Nah kalo kamu butuh kehangatan tapi gaada pasangan masuk aja ke kawah ini. Gue butuh banget sih kawah ini 😳😳

Udah ke puncak dua lanjut dong pasti ke puncak tiga. Lets to the gooo...

Di puncak ketiga waahh udaranya makin dingin, tekanan udaranya makin rendah. Hembusan angin kayak badai. Nggak badai juga sih, lebay aja itu bahasa ahahah. Tapi azlii makin dingin. Yaiyalaah wong make kaos doang.
Sumpah ya ga kepikiran banget bawa jaket ke atas, dibawah panas banget. You know lah suasana pasir dan kerikil, daan dikirain puncak satu aja kita gaakan nyampe. Ternyata diluar ekspektasi, ada guide emang lebih membantu.

Di puncak ketiga ini lah terdapat tulisan seperti itu
Oiaa, abang-abang dari Jakarte yang awalnya naik bareng kita, mereka ga tidur di pos pertama. Mereka langsung naik ke atas. Katanya biar kembang api yang keliatan lebih banyak.
Mereka juga bilang kalo katanya guntur ada puncak keempat dan kelima. Track yang dilewatin ga semakin keatas, melainkan harus turun terlebih dahulu baru naik, jalannya sih ya tetep ngelanjutin.

Kita cukup sampai di puncak ketiga, karena logistik yang dibawa amat sangat terbatas. Itu juga udah bahagia banget. Kasihan juga Yona jaga di bawah sendirian. Sudah puas foto dan mulai kedinginan, kita turun. Seperti biasa kita bertemu dengan sekumpulan pendaki juga, yaudah deh poto bareng juga kitaa. Turun puncak tiga, puncak dua, puncak satu.

Ketika menuruni puncak satu PR juga sih, karna curamnya, kerikil, dn bekas hujan, kita harus ekstra hati-hati. Ngeri banget pas turun. Lamaa banget jalannya, gue sih, sumpah takut soalnyaa. Takut ngegelinding, terjatuh, dan tak bisa bangkit lagiii aku tenggelam dalam lutan luka dalaamm~~
Sampai sudah terbiasa, kita jadinya kayak lagi seluncur aja. Dan terbesit penamaan untuk jalur turun di puncak pertama adalah skaterock. Waahh asik banget sih jadinya enjoyyy. 
Dari yang takut banget jadi enjoy ampe leuleus.
Sesampainya ditenda, kaki udah kayak mau patah. Yaiyalah bayangin aja mau naik gunung, tapi gaada pemanasan sebelumnya atau olahraga ngapain gitu biar daya tahannya kuat. Ini mah langsung aja gue naik gunung. STROONG! Leuleus karna darah rendah gue kumat, lupa ga dibawa obatnya. Pas naik masih kuat karna malemnya udah diminum si sangobionnya itu.

Ga lama kita di tenda, karna langsung packing untuk melanjutkan perjalanan.
Sampai kita dijalur batu-batu kali, ketika naik kita climbing, pas turun waaww perjuang 45 sekalii, leuleus, ditambah hujan. Asliii ga kuat. ada gubug, rasanya pengen tiduran disitu aja dulu, kaki udah ga bisa gerak. Dibolehinlah tiduran. Baru sebentar tiduran
"udah yuk lanjutin aja jalannya, jangan disini lama-lama"
"A aku gakuat sumpah, kakinya gabisa gerak sakit banget" kataku
"bisa! hayu pasti bisa. Dicoba dulu aja yuk. Lanjut lagi aja jangan disini. Paksain" 
Ngerasa cupu banget waktu itu. Tapi untung semuanya ngebantu, nyemangatin, nungguin jalan. Akhirnya dengan sisa-sisa tenaga yang ada lanjutin jalan sampai akhir. Sampai dirumah kepala desa kita langsung tidur. Ga langusng juga sih, ya berbincang dulu doong kita dengan si empunya rumah. Baru deh obob. Bajunya kan kotor? ya biarin aja lah, sesungguhnya aku sudah tak kuasa untuk bergerak.

😪💤😪

2 Januari 2015..
Huhuuuuyyyyy bangun tidur, beberes, lets to the go to the hot water.
Azliiiii ennnnnaak bangeeetttt. Abis capee, berendem di air anget, kena kucuran air berasa dipijit.
Beres. langsung ngebaksooo. MANTAP!

Ini video perjalanan kita, lumayan lah ya dokumentasinya. Kayaknya gue emang engga megang kamera sama sekali deh. Seinget gue gitu. Cuma make HP aja wkwkkw. Makanya terimakasih banyak untuk teman-teman yang ingat untuk mendokumentasikannya.


-Pengalaman menuju puncak 1 amazing banget. Bener-bener ngerasain mukjizat di track ini-

Komentar